seram dan pastinya menakutkan dunia kerja itu, tapi apa salahnya sih kalau share tips melamar kerja yang baik, yach walaupun gak terlalu banyak sih pengalamanku...ckckkck...
malah baru sekali kerja....(OMG)tak apa2lah just share guys..., siapa tau bermanfaat..
well langsung aja guys masuk ke topik awal kita... " Tips and trik pelamar kerja "
guys...Pada saat kita memasukkan permohonan kerja di sebuah perusahaan, salah satu tahapan yang harus dilakukan adalah memenuhi panggilan interview kerja yang biasanya pada tahapan ini para pelamar banyak yang melakukan kesalahan (itu sih yang biasanya terjadi)
Berikut ini adalah beberapa tips singkat yang berisi hal penting yang perlu dilakukan saat anda menghadapi sebuah wawancara kerja.
Mindset yang perlu diperhatikan saat wawancara kerja
Jadilah Kandidat Seperti di Dalam CV
kamu mungkin bisa saja menciptakan sebuah surat lamaran dan Curriculum Vitae yang mengagumkan. Tapi jika kamu tidak mampu membicarakannya saat wawancara, sama saja bohong. Pewawancara mungkin hanya secara singkat membaca surat kamu, selebihnya dia mengharapkan kamu juga bisa lho menjelaskan secara detail tentang keahlian serta pencapaian selama ini.
Lamar Pekerjaan Sesuai Kemampuan
Pastikan kamu melamar pekerjaan yang memang sesuai dengan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki. Sebuah survei yang dilakukan oleh CareerXRoads Source of Hire seperti dikutip Us News, masih banyak pelamar yang tidak menyesuaikan kualifikasi mereka dengan pekerjaan yang dilamar.so percuma kan luntang luntung kesana kemarii...hahahha...
Saat wawancara, tunjukkan kualifikasi dan alasan kamu cocok untuk posisi tersebut. Beritahu pewawancara detail yang lebih spesifik tentang pengalaman kerja kamu dan jangan hanya mengandalkan surat lamaran.
Sikap Menyenangkan
well..kamu, pasti akan terkejut karena ada beberapa perusahaan yang memilih untuk memperkerjakan seseorang yang menyenangkan, ketimbang yang kompeten. Karena itu sikap ramah dan menyenangkan juga punya peran penting saat kamu melakukan wawancara kerja guys....
Beri Pemecahan Masalah
Cara memenangkan wawancara kerja lainnya adalah dengan menawarkan pemecahan masalah. Coba saja lakukan riset sebelum jadwal wawancara, temukan masalah yang sedang dihadapi perusahaan, lalu berikan solusi. Meski belum tentu perusahaan akan menerima solusi kamu, tapii kan setidaknya pihak pewawancara sudah memberi nilai lebih karena kamu punya inisiatif besar...heheh...(sedikit trik siih)
selain itu guys...ada juga beebrapa kesalahan fatal saat wawancara kerja, dan ini yang biasanya kesalahan yang banyak dilakukan oleh para pelamar diantaranya ne:
ini dia Beberapa kesalahan saat wawancara kerja
Perhatikan surat lamaran
Cover letter atau surat lamaran berbeda dengan CV (Curriculum Vitae)lho. Kebanyakan orang lebih peduli dengan CV dibanding cover letter. Namun, cover letter menunjukkan pemahaman kamu tentang perusahaan dan industri yang kamu incar, soo..bener-bener diperhatikan ya surat lamaranya..its verry important...
Buru-buru menyebutkan gaji
haloooo...kamu baru wawancara kali, jangan langsung nyohok tentang Gaji, apalagi waktu interview....paraah dech, nee paraah..hahhhahh...Inilah tahap yang bisa dibilang melegakan sekaligus sulit. Ada dua kesalahan yang biasanya umum dilakukan, yaitu pertama adalah menyebutkan masalah ini terlalu dini dan kedua adalah tidak menyebutkan sama sekali... so diusahakan janganlah tanya berapa gajinya..sabar guys..hahhaha...
Kamu tidak tahu kapan untuk berhenti berbicara
Berbicara lebih dari semestinya ialah kesalahan yang biasanya dibuat oleh pelamar kerja. Biasanya hal ini disebabkan oleh grogi. Pelamar kerja akan berusaha mencari jawaban yang dirasa tepat sehingga terkadang terlalu banyak berbicara... ala kadarnya aja dech pastinya yang di tanyain aja!!
Maka penting di sini untuk mendengarkan apa yang diinginkan oleh pewawancara. Dengarkan baik-baik pertanyaannya, lalu perhatikan bahasa tubuh si pewawancara. Jika pewawancara bolak-balik mengubah posisi duduk atau melihat jam, maka sudah waktunya Anda untuk berhenti dan lanjut ke pertanyaan berikutnya.
Menjelekkan pekerjaan kamu sebelumnya
Sepertinya ini merupakan hal yang tidak perlu diingatkan lagi. Namun terkadang, ingatan tentang kantor dan atasan yang menyebalkan masih terasa jelas maka kamu secara tidak sadar membicarakannya.
Setiap kali kamu tergoda untuk berbicara kejelekan pekerjaan kamu yang sebelumnya, tahan diri kamu lhoo. Tidak akan ada yang mau memperkerjakan seorang karyawan yang suka menjelek-jelekkan perusahaan tempatnya bekerja karena ini menandakan bahwa kamu tidak dewasa...ohoooiii kalem aja yach.
kamu tidak memperhatikan detail
Detail, baik berupa penampilan atau perhatian pada waktu, juga sangat penting. Pastikan kamu terlihat terawat... *ya malu kali wawancara lusuuh*helooooo... hahah
Tidak akan ada yang mau memperkerjakan orang dengan penampilan lusuh. Lalu, jika kamu terlambat datang wawancara karena macet, beritahukan kepada orang yang akan mewawancarai Anda.
Jabat tangan pun mampu memberikan kesan pertama tersendiri. Jaga bahasa tubuh Anda. Pewawancara akan langsung mengenali bahasa tubuh yang mempunyai empati atau hanya berpura-pura. Ketika Anda selesai diwawancara, jangan lupa ucapkan terima kasih...so do it well..
semoga catatan ini bermanfaat ya buat kita semua, yach paling nggak buat aku sendirii...hehheheh...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar